Manfaat Blog Bagi Pendidikan Guru

Sampai saat ini saya tetep berharap untuk membangun jaringan blog guru. Tapi hingga detik ini belum banyak yang berminat. Banyak alasan untuk itu, mulai tidak tersedianya akses yg murah (apa lagi gartis) hingga pikiran mau nulis apa… Kalau alasan tidak tahu caranya, di blog ini sudah saya sediakan link panduan nge-blog (pakai WP.com). Saya bisa nge-blog juga karena ada kesempatan akses yg disediakan sekolah, dan saya mencoba tidak menyia-nyiakan.


Ok, dari mana bisa mengklaim bahwa guru tidak tertarik dengan blog/internet? Memang hal ini belum tentu benar secara umum. Namun kali ini saya gunakan indikasi guru di sekitar saya.

6543.jpg

Di sekolah saya tersedia akses internet yg bisa digunakan semua guru dan siswa. Untuk guru kapan saja dipersilahkan datang ke ruang komputer dan memanfaatkannya, kecuali sedang digunakan untuk belajar siswa. Nyatanya guru jangankan membuat blog, memanfaatkan akses internet saja mereka enggan. Kebanyakan alasannya tidak bisa, padahal saya sudah yakinkan asal bisa baca dan bisa ngeklik mouse sudah cukup untuk bisa mengakses internet. Jadi memang masalahnya adalah pada kemauan… yah kemauan.1321.jpg

Di daerah saya saat ini terdapat 10 sekolah yang bisa mengakses internet yang dibiayai sekolah lewat dana BOP (bantuan operasional pendidikan) termasuk sekolah tempat saya mengajar. Jumlah guru tiap sekolah rata-rata 30-an guru. Sampai dengan hari ini sependek yg saya tahu guru di sekolah lain untuk level SMA yg mulai ngeblog baru Surya Adijaya Kawung (belum ada kabar kena musibah Tenggelamnya Kapal Senopati itu) dan koleganya Pak Admo (sayang belum sempat melanjutkan nge-blognya) dan untuk guru SMP Willy Ediyanto dan istri saya (sama juga tidak sempat posting, sibuk diminta memberi pelajaran tambahan di sekolahnya) . Beberapa yg lainnya saya tanya kenapa gak bikin blog, jawabannya tidak sempat. Yang lainnya lagi saya tidak tahu.

http://urip.wordpress.com/2007/01/17/

guru-tidak-tertarik-dengan-bloginternet/

 

0 Tanggapan to “Manfaat Blog Bagi Pendidikan Guru”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan komentar




Maret 2008
S S R K J S M
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Komentar Terbaru

andrieveputz pada Cara Meningkatkan Daya Ko…
Landy pada Cara Meningkatkan Daya Ko…

Blog Stats

  • 10.500 hits